Didalam suatu pemasaran terdapat Lingkungan Pemasaran.
Lingkungan Pemasaran yaitu Perilaku dan kekuatan di luar pasar /
pemasaran yang berdampak pada kemampuan mengelola pemasaran untuk
mengembangkan dan yang mampu menjaga transaksi dengan pelanggan bisa
berlangsung dengan lancar. Dalam lingkungan pemasarn ini terdapat
Lingkungan Internal dan Lingkungan Eksternal.
1) Lingkungan Internal
Yaitu
berbagai hal atau pihak yang terkait langsung dengan kegiatan
sehari-hari dalam suatu pemasaran dan memepengaruhi langsung setiap
program dan kebijakan pemasaran.
Hal-hal yang terkait dengan Lingkungan Internal, yaitu:
a) Manusia
ü Kompetensi
: Memiliki karyawan atau guru yang memiliki kompetensi (kemampuan) yang
ia miliki. Serta memenuhi syarat-syarat rekuitmen.
ü Place man : orang yang berkompeten ditempatkan sesuai dengan keinginan dan kemampuannya.
Dengan syarat: Apabila memiliki karakteristik kepribadian yang congruent dengan kepribadian yang sesuai maka akan sesuai.
ü Promosi, kenaikan jabatan, orang yang berkompeten dan yakin memiliki kenaikan prestasi yang lebih baik.
b) Kebijakan
ü Visi
dan misi yang di bentuk akan membuat kita lebih tau apa yang harus
dilakukan untuk mencapai tujuan dalam visi dan misi yang sudah kita
bentuk.
ü Aturan-aturan
yang digunakan dalam menajalankan Visi dan Misi akan membuat kita lebih
tau mana yang harus boleh dilakukan atau tudak boleh dilakukan untuk
mencapai target yang mesti dicapai dalam pendidikan.
c) Kepemimpinan
ü Kepemimpinan
yang sentralistik / otoriter, gaya kepemimpinan yang apapun yang
dilakukan karyawan tergantung dari keputusan pemimpin.
ü Kepemimpinan
yang lepas tangan, yang dimana pemimpin dalam suatu melaksanakan
kegiatan pekerjaannya sebagai pemimpin menyerahkan semua pekerjaannya
kepada karyawan atau bawahannya. Dengan melakukan fungsi manajemen,
seperti controlling(pengawasan) agar bahawan merasa dalam melakukan
suatu pekerjaan ada yang mengawasi dan mengontrolnya. Setelah itu
melakukan suatu evaluasi dalam pekerjaan suatu karyawan.
ü Kepemimpinan
yang demokratis, dimana dalam kepemimpinan ini dalam mengambil suatu
keputusan melibatkan bawahan atau karyawannya. Bawahan diberi kebebasan
dalam mengeluarkan pendapat dan keputusan.
ü Kepemimpinan yang berorientasi pada tugas, yang dimana dalam pelaksanaannya lebih menekankan dalam tugas yang harus dikerjakan.
ü Kepemimpinan
yang people oriented, seorang pemimpin yang selalu memperhatikan
karyawannya serta selalu memberikan semangat kepada bawahannya.
d) System Reward
Dalam
suatu kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh karywan atau bawahan
diperlukan suatu penghargaan(reward) kepada bawahan, agar bawahan merasa
bahwa mereka memang perlu di butuhkan dalam suatu pekerjaan tersebut.
Dalam system reward mempunyai 2 sifat, yaitu:
ü Materi : berupa tunjangan-tunjangan gaji, tunjangan transport, tunjangan anak dan istri,dll.
ü Non Matreri: berupa pujian-pujian kepada bawahan.
e) Culture (budaya)
Value atau nilai-nilai yang perlu dipergunakan yang mampu menunujukan identitas organisasi.
2) Lingkungan Eksternal
Yaitu lingkungan yang mempengaruhi organisasi dari luar.
Yang terdiri dari:
a) Demografi
yaitu berkaitan dengan banyak sedikitnya orang atau penduduk, lokasi
yang strategis, usia, ras dan pekerjaan. Kondisi yang sama, belum tentu
dalam situasi yang sama.
b) Daya beli, setiap daerah mempunyai daya beli yang berbeda.
c) Natural (lingkungan alam), seperti pada perusahaan aqua yang dalam proses pembuatannya selalu berbeda dari waktu ke waktu.
d) Teknologi
e) Lingkungan Politik
f) Lingkungan budaya dimana budaya tersebut sesuai dengan tempatnya dalam membangun duatu budaya.
0 komentar:
Posting Komentar